ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA MIKRO DAN KECIL DI KOTA PARIAMAN

Authors

  • Ilham Saputra Nanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jon Kenedi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Keywords:

Effectiveness, QRIS, Micro and Small Enterprises

Abstract

This research aim of this research is to analyze the effectiveness of the implementation of the QRIS digital payment system in increasing their business sales. This is a field study employing a descriptive qualitative research method. The subjects of this research are micro and small business actors in the city of Pariaman, specifically in the district of Central Pariaman. Data collection techniques in this research include observation, interviews, and documentation.

References

Achmad Fauzi, Enny Widayati, Tigha anaku putri Putri, Lndra Adib Abiyyah, Maharani Sasmitha, Rifqi Maulana, Tazkia Aulia, dan Adam Herdinov. 2023. “Peranan Bank Indonesia Dalam Mengatur Dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis 3 (1): 80–89. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.654.

Amalia, Gita Putri. 2017. “Efektivitas Electronic Toll (E-Toll) Oleh Pt. Jasa Marga Surabaya.” Jurnal llmu administrasi negara 5 (2): 1–6.

Amka. 2020. Efektivitas sekolah Inklusif. Diedit oleh Sadiman. Pertama. Palembang: Penerbit anugerah jaya.

Azhari, Ayunda. 2021. Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standar (Qris) Pada Sektor Umkm Di Kota Pematangsiantar. Sumatera Utara: UIN Sumatera Utara.

Gultom, Mitra Sami, Huda Salsabila, dan Andi Amri. 2023. “Preferensi Generasi Milenial dalam Menggunakan QRIS sebagai Alat Pembayaran Digital.” Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE) 13 (1): 19.

Handayaningrat, Soewarno. 1986. Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Hartono, Hartono, dan Deny Dwi Hartomo. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 14 (1): 15.

Hasan, Samsurijal. 2021. “Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Kuliner Kota Bangkinang, Provinsi Riau).” INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi 2 (1): 30–40.

Herlambang, Rido. 2021. “Pengaruh penggunaan sistem pembayaran quick response indonesia standard (qris) terhadap pengembangan umkm kota medan.” Jurnal Ekonomi.

Hidayat, Asep, Surya Lesmana, dan Zahra Latifah. 2022. “Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.” Jurnal Inovasi Penelitian 3 (6): 6707–14.

Hutabarat, Esterlina. 2019. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan.” Jurnal Ilmiah Methonomi 3 (1): 113–21.

Hutagalung, Rifqi Alfalah, Pinondang Nainggolan, dan Pawer Darasa Panjaitan. 2021. “Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar.” Jurnal Ekuilnomi 3 (2): 94–103. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v3i2.260.

Ikhsan, Muliana. 2022. “Implementasi Sistem Pembayaran (Qris) Quick Response Code Indonesian Standart Bagi Perkembangan Umk Kecamatan Medan Area.” Manajemen Bisnis Syariah1 1 (2).

Julitawaty, Wily, Frith Willy, Dan Thomas, dan Sumarsan Goh. 2020. “Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri.” Bisnis Kolega 6 (1): 43–56.

Khoiroh, Faridah Niswatul, dan Eny Latifah. 2023. “Fintech (Financial Technology) Dalam Sistem Pembayaran Non Tunai Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat KCP Lamongan).” Public Service And Governance Journal 4 (2): 76–84.

Kotler, Philip, dan A.B. Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Mahyuni, Luh Putu, dan I Wayan Arta Setiawan. 2021. “Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS.” Forum Ekonomi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260613969.

Manurung, Wahyu Sahara Ramadhana. 2023. “Pengaruh Perilaku Konsumtif, Pemberian Reward, Redibilitas Platform Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Transaksi E-Commerce Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara).” Jurnal manajemen akuntansi 4 (1): 88–100.

Maulana Khalid, Muhammad Ghazali, Yongki Setiawan. 2023. “Memanfaatkan Potensi QRIS (Quick Response Indonesian Standard) untuk Meningkatkan Penghimpunan ZIS (Zakat Infaq Shodaqoh)” 1: 1172–79.

Mustafa Kamal Rokan, Dwi Yanti Sahriana. 2022. “Analisis Efektivitas Penggunaan QRIS (Quick Response-Code Indonesian Standard) Untuk Mendukung Paperless Di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Medan Padang Bulan.” Journal Economy and Currency Study (JECS) 4 (2): 1–11.

Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Debby Sinthania, Lis Hafrida, Vidriana Oktaviano Bano, dan Dani Nur Saputra. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka. Pertama. CV. Pradina Pustaka Grup.

Paramitha, Dyah Ayu, dan Dian Kusumaningtyas. 2023. QRIS. Diedit oleh Diah Ayu Septi Fauji. kediri: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Primahadi, Randy, dan Rahmat Kurniawan. 2021. “Analisis Efektivitas, Kontribusi Pajak Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Serta Tingkat Kemandirian Daerah Kota Pariaman.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 5 (1): 84.

Rahman, Mochamad Reza, dan Muhammad Rizki Oktavianto. 2013. “Perkembangan UMKM ( Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ) Di Indonesia.” Jurnal ekonomi 1 (1): 377–86.

Rayadi, Raditya, dan Djeini Maradesa. 2021. “Evaluasi Sistem Pembayaran Non Tunai pada PT. Angkasa Pura I (PERSERO) Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado.” Jurnal EMBA 9 (3): 193–200.

Sarwono, Hartadi A. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Diedit oleh LPPI. Bank Indonesia dan LPPI. Jakarta: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia.

Sasangka, Indra, dan Rahmat Rusmayadi. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi 2 (1): 129–54. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp129-154.

Sekarsari, Katherine Amelia Dyah. 2021. “Optimalisasi penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada merchant di wilayah Surakarta.” Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran 5 (2): 43–57.

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sihaloho, Josef Evan. 2020. “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan.” Jurnal Manajemen Bisnis 17 (September): 1–12. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384.

Sihaloho, Josef Evan, Atifah Ramadani, dan Suci Rahmayanti. 2020. “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan.” Jurnal Manajemen Bisnis 17 (2): 287–97.

Simanjuntak, Jimmy Satria, Jaka Prayudha, dan Jufri Halim. 2022. “Sistem Pembayaran Non Tunai Dengan Memanfaatkan E-KTP Menggunakan Teknik Simplex Berbasis Arduino.” Jurnal Sistem Komputer Triguna Dharma (JURSIK TGD) 1 (2): 65. https://doi.org/10.53513/jursik.v1i2.5144.

Sri, Handini, Sukesi, dan Hartanty Kanty. 2019. Manajemen UMKM dan Koperasi: Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai. Unitomo Press. Pertama. Vol. 1. surabaya: unitomo press.

Subari, Sri Mulyati Tri, dan Ascarya. 2003. Kebijakan Sistem Pembayaran di Indonesia. jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan PPSK BI.

Suparman, Dadang. 2018. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan Spare Part Motor Di PT. SLM (Selamat Lestari Mandiri).” Jurnal Ekonomedia 07 (2): 1–16.

Swastha, Basu. 2001. Manjemen Penjualan. Kelima. Yogyakarta: BFSE.

Syarief, Faroman. 2020. Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Pertama. makassar: yayasan barcode.

Taufiqurokhman, dan Evi Satispi. 2018. Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Pertama. tanggerang selatan: UMJ Press.

Wijoyo, Hadion, dan Widiyanti. 2020. “Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Kahuripan, 10–13.

Winardi. 1991. Pengantar manajemen penjualan (sales management). Pertama. Bandung Citra Aditya Bakti.

Wulandari, Utari. 2018. “Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan.” Jurnal Publik Reform 5: 1–8.

Yudhistira, Afrizal. 2014. “Analisis faktor yang mempengaruhi preferensi dan aksesibilitas terhadap penggunaan kartu pembayaran elektronik.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 2 (2): 113.

Zakiyah, Eneng Fitri, Arief Bowo Prayoga Kasmo, dan Lucky Nugroho. 2022. “Peran Dan Fungsi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Memitigasi Resesi Ekonomi Global 2023.” Jurnal Cakrawala Ilmiah 2 (4): 1–12.

Downloads

Published

2024-08-21

Issue

Section

Articles