ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) TELLER PADA PELAYANAN NASABAH DI KJKS BMT AGAM MADANI KOTO TUO

Authors

  • Fitri Utama Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Dewi Manda Anggraini Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Keywords:

Standard Operating Procedures, Teller, Service

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh terjadinya permasalahan pada Standar Operasional Prosedur (SOP) teller di KJKS BMT Agam Madani Koto Tuo, dimana nasabah mengeluhkan pelayanan yang diberikan oleh teller sangat lama dan kurang cekatan. Terjadi antrean panjang karena kursi di ruang tunggu tidak mencukupi, atau masalah pada sistem terjadi saat orang mencoba membayar, padahal tidak banyak orang yang menggunakan layanan tersebut. Penulis menggunakan bahan primer dan sekunder untuk menyusun penelitiannya, yang mengikuti metodologi kualitatif. Selain itu, metode pengumpulan informasi melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung. Mengumpulkan data, membersihkannya, menampilkannya, dan menghasilkan kesimpulan merupakan langkah-langkah dalam proses analisis data. Penelitian dan analisis yang penulis lakukan membawa pada kesimpulan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) BMT telah diterapkan secara efektif. Teller telah melakukan tugasnya dengan baik, memberikan layanan tepat waktu kepada pelanggan yang tidak membuat mereka merasa tidak nyaman. merasa nyaman menggunakan jasa yang ditawarkan teller saat melakukan penyetoran dan penarikan tunai. Teller di KJKS BMT Agam Madani Koto Tuo memberikan pelayanan yang baik dan sebagian besar nasabah merasa puas. Namun, sebagian nasabah mengeluhkan lambatnya layanan transaksi teller sehingga membuat mereka harus mengantri lama. Penerapan program pemantauan, pelatihan, dan komunikasi sangat penting untuk memastikan bahwa layanan mematuhi Prosedur Operasi Standar (SOP). Selain itu, teller juga harus bersikap ramah, murah senyum, dan lemah lembut serta memahami tugas dan tanggung jawabnya untuk memberikan pelayanan yang baik.

References

Cashmere. Banks and other financial institutions. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.

Cashmere. Customer Service Ethics. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.

Cashmere. Entrepreneurship. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Cashmere. Banking management. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Linggapan. Definition of Standard Operating Procedures. Manado: Gramedia, 2000.

Moenir. Management Accounting: Understanding Services, Performance Assessment and Concepts 3rd Edition. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

Mohammed. Sharia Economic Institute. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Mohammed. Sharia Bank Operational Systems and Procedures. Yogyakarta: UII Press, 2001.

Muhammad Luthfi, Lenny Brida, Titik Purwinarti. "Analysis of the Implementation of Standard Operation Procedures (SOP) in Maintaining the Quality of Teller Services (Case Study at Bank Tbungan Negara Depok Branch)." Journal of Applied Business Administration Vol 13, no. 1 (2016): p 75.

Muhith, Abdul. “History of Sharia Banking.” Journal of Islamic and Educational Studies Vol 1, no. 2 (2012): p. 72.

Nurul Huda, Purnama Putra. Baituul Maal Wa Tamwil A Theoretical Review. Jakarta: Amzah, 2016.

Prasetyo, Irwan. Logic of Research Procedures. Jakarta: STIA-LAN Press, 1999.

Rahmadi. Introduction to Research Methodology. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Rahmayanti, Nina. Excellent Service Management. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

RI, Department of Religion. Al-Quran and its translation Juz 1-30. Surabaya: Pustaka Agung Harapan, 2006.

Ridwan, Muhammad. Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Management. Yogyakarta: UII Press, 2004.

Ridwan, Muhammad. Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Management. Yogyakarta: UII Press, 2004.

Rifai, Abubakar. Introduction to Research Methodology. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2021.

Saleh, Sirajuddin. Qualitative Data Analysis. Bandung: Ramadhan Library, 2017.

Santosa, Joko Dwi. Better understand SOP (Standard Operating Procedure). Surabaya: Kata Pena, 2014.

Downloads

Published

2024-10-09

Issue

Section

Articles