ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMBELI PAKAIAN BEKAS SECARA ONLINE DAN OFFLINE DI KOTA TIMIKA
Keywords:
people's decisions, used clothes, online, offline.Abstract
This study aims to determine what factors determine people's decisions in buying used clothes online and offline in Timika City. This study uses a descriptive method. In this study, the data collection techniques used are interviews, observations, questionnaires, and documentation. To find out what factors determine people's decisions, the data analysis instrument used is factor analysis. The results of this study indicate that the determining factors for people's decisions to buy used clothes online in Timika City are influenced by factors of service quality, ease of transactions, satisfaction with products, and cost efficiency. Meanwhile, people's decisions to buy used clothes offline in Timika City are influenced by factors of service quality, price assessment, trust, and security.
References
Adil Fadillah Dan Rini Syarif. 2013. “Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian.”
Bilson, Simamora. 2008. “Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga.” Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Didit Darmawan Dan, And Rachman Putra Arif. 2022. “Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Impulsif.”
Djoko, Purwanto. 2006. “Komunikasi Bisnis.” Jakarta: Erlangga.
Elvita Sari Puput, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Second Branded Melalui Minat Beli Pada Store Thrifting Timika, Program Studi Ekonomi Pebangunan, (2024).
Febrianto, Alexander Dody, Pengaruh Atribut Produk pada keputusan pembelian jelana jeansWrangler. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma (2013).
Hartini, Sri. 2016. “Pengaruh Nilai Informasi Dan Dorongan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung.” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 2 (2): 17–38.
Hasmuliadi. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Konsumen Membeli Pakaian Bekas Di Pasar Sentral Timika.”
Herry Hermawan. 2017. “Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online.”
Indra Wahyu, Yesi. Faktor- Faktor Pendorong Orang Membeli Pakaian Bekas di Jakarta, Prodi Manajemen, Universitas Sanata Dharma (2018).
Irfan Zevi, 'analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri' (Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (2018).
Irzandy, Mas Aga Haris, Suharyono, And Zainul Arifin. 2017. “Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kartu Perdana Simpati Khusus Internet Di Grapari Telkomsel Cabang Kota Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis. Brawijaya University.
Jacob, Aprilia A., S. L. H. V. Joyce Lapian, And Yunita Mandagie. 2018. “Pengaruh Daya Tarik Dan Iklan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6 (2): 988–97.
Kasmadi, Nia Siti Sunaria. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif : Bacaan Wajib Bagi Peneliti, Guru, Dan Mahasiswa S1, Dan S2 Di Lingkungan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kotler.Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta:PT. Indeks Gramedia, Jilid 1 dan 2, Edisi ke-11, 2006.
Mamonto, Susanti. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Penentu Penggunaan Kartu Kredit Bank Mandiri Timika Hasanuddin Di Kota Timika.”
Nuraini, Dewi, And Evianah Evianah. 2019. “Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline.” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi 15 (2): 231. Https://Doi.Org/10.30742/Equilibrium.V15i2.629.
Quispe, Joseph. 2023. “No Laporan Jumla Penduduk Bps 2020” 4 (1): 88–100.
Regency, Bps-Statistics O F Mimika. 2023. “Katalog / Catalog : 1102002.9412.”
Riana, D. 2022. “Aktor-Faktor Yang Mempengaruhi Saving Behaviour (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kelas Reguler B Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang).”
Riana, Dwi. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Saving Behaviour (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kelas Reguler B Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang).” Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 10 (1): 263–78. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V10i1.1401.
Sandy Stepanus, "Analisis Perilaku Sosial Second Branded Masyarakat Kota Timika, Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE, V1.7 ( 2023), 1201.
Singgih. Santoso, 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Singgih. Santoso, 2010. Statistik Multivariate. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Sitanggang, Friska Artaria, And Prasetyo Agustinus Sitanggang. 2021. Buku Ajar Perilaku Konsumen. Perilaku Konsumen. Penerbit Nem.
Soekarsono Rame, "Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Pakaian Impor Bekas (Thrift) Di Pasar Senen Jakarta Pusat", Jurnal Administrasi Bisnis, Jambis
Sutabri, Tata. 2005. “Sistem Informasi Manajemen.” Yogyakarta, Andi.
Udayana, Ibn, And Danang Ramadhan. 2019. “Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease Of Use , Dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention Melalui Attitude Sebagai Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Gudang Digital Online Yogyakarta).” Jurnal Ebbank 10 (2): 41–48.
Wahyuningsih, Ika, And Agung Yulianto. 2020. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Praktik Kerja Industri Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja.” Economic Education Analysis Journal 9 (2): 532–51. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V9i2.39430.
Wibisono, Widodo, Moh Hidayatul Holili, Politeknik Pratama Kendal, And Universitas Stekom. 2022. “Analisis Pengaruh Pembelian Online Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.”
Widad, Ulfatul. Praktek Jual Beli Pakaian Bekas di Media Online Dan Offline Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Prodi Ekonomi Syariah (2023).
Winnie Michelle Tanuwijaya, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Cv Jia Li’, Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis & Ekonomi, 7.2 (2019), 1–6.
Wisal, Jessica Scolastica Febrin. 2013. “Hubungan Antara Motivasi Dengan Intensi Membeli Pada Konsumen Tas Branded.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2 (2): 1-27.
Yusnidar, Samsir, And Sri Restuti. 2014. “Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian.” Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan Iv (12): 311–29.
Zakariah, Z, N Buhaerah, And S D Yahya. 2020. “Studi Determinasi Keputusan Belanja Online Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Ypup) Di Kota Makassar.” Macakka Journal 01 (03): 123–32.
Zevi, Irfan, "Penjelasan Analisis Faktor PCAdann CFA", Jasa Olah statistik, (2018)
Zulkifli Zainuddin, ‘Analisis Faktor Dalam Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Ciputat)’, Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1.1 (2016), 1–12 <https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.5>.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.