ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi kasus Pada Pua-pua Cafe Timika)

Authors

  • Salmia Salmia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan Timika
  • Maria Fransiska Penaten Raya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan Timika

Keywords:

Product, Price, Service Quality, Purchase Decision, Purchase Interest.

Abstract

This study aims to determine the effect of product, price, and service quality on purchasing decisions through purchase intention. The method used in this research is the associative method. The data collection techniques used by researchers are observation techniques and questionnaires. The analysis technique used in the research is quantitative analysis technique using multiple linear regression analysis. Overall, the results of this study confirm that the influence of product, price, and service quality does not have a significant role in influencing purchasing decisions either directly or through purchase intention at Pua-pua Cafe.

References

Amanah, D. (2010). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis Dita Amanah, 2(1), 8–17. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/322138066_Pengaruh_Harga_Dan_Kualitas_Produk_Terhadap_Kepuasan_Konsumen_Pada_Majestyk_Bakery_Cake_Shop_Cabang_HM_Yamin_Medan

Andriani Femi & Sari Nalurita. (2024). pengaruh iklan dan kualitas Terhadap Keputusan Pembelian konsumen tokopedia (studi kasus pada pengguna tokopedia di jabodetabek. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 6–13. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.7721

Anjayani Putri Riski, & Intan Rike Febriyanti. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3–12. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1175

Anwar, B. &. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 2–15. https://doi.org/http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146

Chotimah nur, regina edita muhammad syahrul. (2024). Pengaruh Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kain Tenun Ikat Sikka. Jurnal EK&BI, 2(1), 2–7. https://doi.org/10.59996/aksioreligia.v2i1.410

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 05(2), 1–17. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097

Kusuma, I. ., R.Nurfitri, M. ., & Mukmin. (2019). Pengaruh Pressure, Opportunity, Rasionalization Dan Capability Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Fraud). JURNAL AKUNIDA, 5(1), 3–15. https://doi.org/10.30997/jakd.v5i1.1828

L. Lionarto, M. Tecoalu, S. W. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 7–19. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709

Listyawati. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jbma, 3(1), 7–9. https://doi.org/https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/39

Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 6–20. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.854

Meli, N., Arifin, D., & Sari, S. P. (2022). Pengaruh Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Genusian Card. Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 8–11. https://doi.org/http://prosiding.senakota.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/81

Mokodompit Hana Yoflike, Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA, 10(3), 3–10. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393

Mukti, A., & Kartin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 4–17. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i1.163

Ndapa, diliaty yuliana debora. (2013). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Pemetaan Hasil Penjualan Produk (Studi Kasus : PT. Damatex Salatiga) Artikel. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(10), 11–26. https://doi.org/https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/3909/2/T1_672007257_Full text.pdf

Nur Wahyuningsih, S. E. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Kota Bima. Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 2(5), 175–185. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss5pp175-185

Nuraini Eka, & Ibrais Shalahuddin Eriyanto. (2023). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kantor Desa. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 4–8. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1395

Nuryadin Birusman, M. (2017). Harga Dalam Perspektif Islam. Mazahib, 4(1), 5–15. https://doi.org/https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Harga+Dalam+Perspektif+Islam&btnG12q

Purbohastuti wahyuni arum & Asmi Ayuning Hidayah. (2021). meningkatan minat beli produk shopee melalui celebrity endorser. Performa, 6(3), 3–10. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528

Putri, T. C., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 3–10. https://doi.org/https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/8

Rastini, A. agus yande ni made. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh E-Won Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, 7(11), 3–29. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i11.p4

Salam Marinda Annisa. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Brand Image, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mesin Parut Di Cv Seneng Bareng Sejahtera. Manajerial, 6(01), 4–10. https://doi.org/10.30587/manajerial.v6i01.866

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 5–9. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kulaitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Star-Up Bisnis, 2(April), 7–9. https://doi.org/https://www.semanticscholar.org/paper/PENGARUH-HARGA%2C-PROMOSI%2C-DAN-KUALITAS-PRODUK-MINAT-Satria/1031a7b9f9e853234f0a1d0350cd234c497e5b02

Sukodjo, I. (2002). pengantar bisnis modern (liberty yogyakarta (ed.); ketiga,199). Sukodjo, Ibnu. https://doi.org/https://digilib.itbwigalumajang.ac.id/index.php?p=show_detail&id=614

Sulaeman, hasanuddin ridwan nisrina nazhifa setiawan eman. (2022). pengaruh kualitas pelayanan, keragaman produk, dan promosi e-commerce terhadap kepuasan konsumen shopee. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2–12. https://doi.org/ttps://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/viewFile/17320/13450

Tansala, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 3–7. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23496.21-27

Ulum, M., Tirta, I. M., & Anggraen, D. (2014). Analisis Structural Equationmodeling(Sem) Untuk Sampel Kecil Dengan Pendekatan Partial Least Square (Pls). Posiding Seminar Nasional Matematika, November, 1–15. https://doi.org/<https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/934>.

Zebua, L. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Imelda Ponsel Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 5(1), 2–5. https://doi.org/https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/578

Adha, Suhroji. 2022. “Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital: Sebuah Tinjauan Literatur.” Jipis 31(2):6–15. doi: https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3286.

Wigati, Sri. 2011. “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Prilaku Konsumen 01(01):6–18. doi: https://doi.org/10.15642/maliyah.2011.1.1%25p.

Latte, Jumai, and Abd. Manan. 2022. “Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Anyaman Purun Di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara.” Inovatif Jurnal Administrasi Niaga 4(1):35–44. doi: 10.36658/ijan.4.1.92.

Downloads

Published

2024-12-10

Issue

Section

Articles