PENGARUH KEMUDAHAN AKSES DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEEPAY SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL PADA MAHASISWA S-1 DAN D-4 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords:
Ease of Access, Consumptive Behavior, Digital Payment Tools, ShopeePayAbstract
This study aims to evaluate the impact of Ease of Access and Consumptive Behavior on the use of ShopeePay as a digital payment method. The approach used is a quantitative method, with data collected through questionnaires filled out by 58 active undergraduate and diploma students from the Faculty of Economics and Business at Universitas Negeri Jakarta, who are ShopeePay users. Data analysis was conducted using multiple linear regression with the assistance of SPSS and Stata software. The research findings indicate that both independent variables, Ease of Access and Consumptive Behavior, have a positive and significant influence, both partially and simultaneously, on the use of ShopeePay as a digital payment tool.
References
Andriani, Rosmanidar, & Diniah. (2023). PENGARUH DIGITAL PAYMENT SHOPEEPAY DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 192–212. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5
Arquette & Dharmayasa. (2023). PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA PADA PENGGUNAAN E-WALLET SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN E-COMMERCE. 11(1), 98–104. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Fikri. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FEB USU (Vol. 17, Issue 2).
Fitria, Elvina, & Pitryani. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEEPAY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS LABUHANBATU. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), 276–280. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i2.481
Fitriawibowo & Kusumawati. (2024). MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL.
Isna, Sholihah, & Kristina, S. M. (2023). DAMPAK FITUR “SHOPEEPAY” DALAM MENINGKATKAN POLA HIDUP KONSUMTIF MASYARAKAT. Prosiding Seminar Nasional, 144–157.
Nadia & Wiryawan. (2022). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEEPAY DI BANDAR LAMPUNG). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2), 185–198. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i2.13486
Novi. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING.
Pambudi & Setiyo. 2014. PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN KETERSEDIAAN FITUR TERHADAP MINAT ULANG NASABAH BANK DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING. Jurnal Studi Manajemen. Vol. 8, No. 1, 2014.
Pramesti, Azizah, Purnamasari, Sulistiyani, & Widyanti. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Vol. 09, Issue 1).
Pratama. (2023). STUDENT OPINION ABOUT USING SHOPEEPAY AS A PAYMENT TRANSACTION [OPINI MAHASISWA TENTANG PENGGUNAAN SHOPEEPAY SEBAGAI TRANSAKSI PEMBAYARAN].
Prena & Dewi. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, GAYA HIDUP, PERSEPSI KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 22(2), 142–155. https://doi.org/10.22225/we.22.2.2023.142-155
Putri & Yennisa. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN (STUDI DI PASAR TRADISIONAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). In UBMJ (UPY BUSINESS AND MANAGEMENT JOURNAL) (Vol. 02).
Rosita, Sutrisno, & Indiworo. (2024). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, EFEKTIVITAS, DAN FITUR PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGI (FINTECH) PADA APLIKASI SHOPEEPAY. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 3(1), 57–70. https://doi.org/10.55606/jurrie.v3i1.2716
Saragih & Prayitta. (2023). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN BRANDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY SEBAGAI METODE DAN TEKNIK PEMBAYARAN. Jurnal Simki Economic, 6(1), 19–30.
Sati & Ramaditya. 2019. “PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI KASUS PADA KONSUMEN YANG MENGGUNAKAN METLAND CARD)”. Management, 1–20.
Sekaran & Bougie. (2016) RESEARCH METHODS FOR BUSINESS: A SKILL-BUILDING APPROACH. 7th Edition, Wiley & Sons, West Sussex.
Soleha & Hidayah. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP MINAT GENERASI MILLENIAL DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL (SHOPEEPAY). ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), 312–316. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i2.505
Utami, Hendrayani, Nitawati, Nuraini, Kalalo. (2024). EKSPLORASI PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY PADA MAHASISWA DI INDONESIA (Vol. 08, Issue 02).
Wahyuni, Irfani, Syahrina, & Mariana. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE PADA IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG. Jurnal Benefita, 4(3), 548. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4194
Wasana & Telagawathi. (2023). E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT BULELENG). Bisma: Jurnal Manajemen, 9(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.