FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA APLIKASI GOPAY DI JAKARTA
Keywords:
Age, Gender, LifestyleAbstract
This research aims to find out, analyze and explain whether age, gender and lifestyle factors influence a person's interest in using Gopay. As well as to find out, analyze and explain which factors have a dominant influence on someone's interest in using Gopay. The research method used is descriptive quantitative with data collection techniques using questionnaires. The population in this research is the people of Jakarta who have an interest in using Gopay with a sample of 97 respondents, using a non-probability sampling technique determined by purposive sampling, namely a technique for determining samples with certain considerations. Based on the research results, it shows that the total explained results show the age factor with a total variance of (28.1%), gender factor (29.4%) and lifestyle factor (37.5%). The dominant factor that most influences people's interest in using the Gopay application in Jakarta is the lifestyle factor with a total variance value of 37.5%.. The research results show that age, gender and lifestyle have a significant influence on interest in using GoPay.
References
AM, A. (2020). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna jasa terhadap keputusan penguna jalan layanan transportasi onlide gojek. repositori Unimar-amni.
Aritonang, Y. A. L., & Arisman, A. (2017). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat menggunakan E-Money (STUDI KASUS PADA PENGGUNA GO-PAY). Jurnal Akuntansi STIE Multi Data Palembang, x, 1-17.
Astuti, I. S., & Nugroho, E. S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan aplikasi dompet digital go-pay. Jurnal Manajemen, 13(1), 26-36.
Basuki, Herlan. 2020. HUBUNGAN ANTARA USIA, JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN LITERASI KEUANGAN PELAKU USAHA BURJO DI KAWASAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Damayanti, N. (2013). Perbedaan jenis kelamin terhadap minat berwirausaha mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi universitas negeri surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(3), 1-16.
Diana, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money Di Indonesia.
Febriana, H., & Budhiarjo, I. S. (2020). Pengaruh Promosi Go-pay Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup Universitas Pamulang. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(2), 192-198.
Febrina Laucereno, Sylke. (2022, Juli 28). Pengguna Dompet Digital Makin Menjamur, tapi Masih Didominasi Warga Jakarta. Retrieved September 24, 2023; from detikFinance.com : https://finance.detik.com/fintech/d-6204379/pengguna-dompet-digital-makin-menjamur-tapi-masih-didominasi-warga-jakarta/amp
Gunawan, C. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan kepuasan pengguna e-money berbasis aplikasi pada aplikasi go pay (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).
Haidari, M. B., & Tileng, K. G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 4(1), 10-15.
Handayani, Indah. (2022, November 29). Riset: Dompel Digital Paling Dipilih Masyarakat Indonesia. Retrieved April 01, 2023; from investor.id: https://investor.id/finance/314524/riset-dompetdigital-paling-dipilih-masyarakat-indonesia
Harjawati, T. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMTIF MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI GO-PAY DALAM BERTRANSAKSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tadris IPS UIN Jakarta) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Huwaydi, Y., Hakim, M. S., & Persada, S. F. (2018). Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya. JURNAL TEKNIK ITS, Vol. 7(No. 1), 2337-3520.
Indra, S., & Rofiqoh, Z. (2019). Transaksi Emoney Terhadap Layanan GoPay Pada Aplikasi Gojek Perspektif Ekonomi Syariah. Al Ahkam, 15(2), 49-58.
Iradianty, A., & Aditya, B. R. (2021). Digital Payment: Perspektif Gender dalam Pemilihan Jasa Pembayaran Digital. JURNAL BISNIS, MANAJEMEN, DAN INFORMATIKA (JBMI)–VOL 18 NO. I.
Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan GoPay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19-29.
Lau, S., & Pradana, M. N. (2021). Pengaruh keamanan, kecepatan transaksi dan kenyamanan terhadap penggunaan mobile payment. Kinerja, 18(2), 288-295.
Lishobrina, L. F., Arum, M. P., Hidayat, C. M., Widianty, L. I., & Wengkau, G. P. (2023). Analisis Faktor Kepuasan Pengguna GoPay dalam Digital Financial Management. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), Vol.2(No.1), 161-171.
Monavia Ayu Rizaty. (2023, Januari 06). Jumlah PendudukJakarta Capai 10,64 Juta Jiwa pada '022. Retrieved Juni 01, 2023, from dataindonesia.id:https://dataindonesia id/varia/detail/jumlah-penduduk-jakarta-capai-1064-juta-jiwa-pada-2022
Pramestia Utari, D. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Ibu Tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Dini pada Bayi Usia 0-6 Bulan (Doctoral dissertation, Jurusan Kebidanan 2018).
Rahman, Z. A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks di Jakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).
Raihan Hasya. (20229 Agustus 07). Ini 10 E-Walletyang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022. Retrieved April 01, 2023, from GoodStats.id:https://goodstats.id/article/ini-10-e-walI et-yang-pal ing-sering-di pakai-masyarakat-indonesia2022
Riadi, Muchlisin. (2018, Maret 03). Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Gaya Hidup. Retrieved September 24, 2023; from kajianpustaka.com : https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-jenis-indikator-dan-faktor-yang-mempengaruhi-gaya-hidup.html
Saijunus, M., & Herawati, S. (2022). Pengaruh Brand Association terhadap Brand Loyalty yang dimediasi oleh Brand Trust Pengguna GoPay di Kabupaten Bandung Barat. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 3(1), 243-259.
Salsabila, T. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Menggunakan E-Money: Analisis Multigrup Pada Konsumen Generasi X Dan Generasi Z.
Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal benefita, 4(3), 548-559.
Wibowo, A. A., & Ayu, D. D. (2020). ANALISIS IKONOLOGI IKLAN BILLBOARD GO-PAY DI YOGYAKARTA. Citradirga : Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, Volume 02(Nomor 01), 1-12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.