ANALISIS PENERAPAN MODEL PROJECT BASE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI
Keywords:
Project Base Learning, Learning Results, Construction Cost Estimating.Abstract
The Project Based Learning (PjBL) learning model is an approach that focuses on Higher Level Thinking Skills (HOTS) where students are actively involved in solving problems both individually and in groups. This model involves a series of structured stages and produces a product that must be presented. Construction Cost Estimation (EBK) is one of the subjects in the Design Modeling and Building Information (DPIB) program at Vocational Schools which requires an understanding of bestek drawings, calculating work volumes, unit price analysis of work, implementation schedules, and S curves. This analysis aims to assess the impact of using the HOTS-based PjBL model on student learning outcomes in EBK subjects.
References
AZHARI, M. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Rencana Anggaran Biaya.
Darmaji, D. (2018). THE ROLE OF PROJECT-BASED LEARNING METHOD IN IMPROVING THE STUDENTS’SPEAKING SKILL AT SMKN 1 KRAKSAAN.
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka.
Elisany, R. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Elemen Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan di SMKN 1 Sungai Rumbai .
Fadillah, R. A. (2021). Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi. .
Farihatun, S. M. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. .
Fitriyah, A. &. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. .
Hikmawati, A. N. (2018). Pengaruh Penerapan Project Based Learning (Pjbl) terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif, Afektif dan Psikomotor Mahasiswa.
Jalinus, N. &. (2017). Implementation of the PjBL model to enhance problem solving skill and skill competency of community college student. .
Kartiwa, Y. (2023). PENDEKATAN PROJECT BASE LEARNINGDALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK).
Kembuan, D. R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Beerbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Manajemen Konstruksi. .
Kusumah, M. A. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi High Order Thinking Skills Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur.
MAUS, M. Y. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA DIKLAT RAB DI SMKN 1 KEDIRI. .
Muljani, S. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Pembelajaran Inovatif Abad 21 Pada Materi Estimasi Biaya Konstruksi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Smk Negeri 1 Adiwerna. .
Prabawa, D. G. (2012). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning).
Prahesti, H. S. (2021). ANALISIS META PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK, KONSTRUKSI BANGUNAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA.
Putri, N. S. (2020). Pengaruh Penerapan Performance Assessment Dengan Model Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA. .
Rehani, A. &. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. .
Resmana, A. D. (2015). Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKB1 di SMKN 1 Singosari.
Shiddiq, M. F. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 6 BANDUNG.
Susanti, E. (2023). Dampak Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Dhuafa Padang.
Tjokro, A. A. (2023). Efektivitas model pembelajaran project based learning (pjbl) pada mata pelajaran produktif di smk/Anita Aurora Tjokro.
Utama, K. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngawen.
Yusika, I. &. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. .
Zuwida, N. &. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas XII Mata Pelajaran Estimasi Biaya di SMK Negeri 1 Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.