ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA RUMAH MAKAN PANGKEP BUDI UTOMO TIMIKA

Authors

  • Suci Neng Safitri STIE Jambatan Bulan
  • Cindy Astika Putri STIE Jambatan Bulan
  • Tri Apriyono STIE Jambatan Bulan

Keywords:

: Competitive Advantage, Product, Price, Promotion, Place.

Abstract

This study aims to determine the factors that determine competitive advantage at Pangkep Budi Utomo Timika Restaurant. The research method used in this study is a descriptive method. Data collection techniques are carried out by observation and questionnaires. The analysis instrument used is Confirmatory Factor Analysis (CFA). The results of this study indicate that all factors are confirmed as determining factors for the competitive advantage of Pangkep Budi Utomo Timika Restaurant, namely product, price, promotion, and place factors.

References

Abdurrahman, N. H. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran. Cv. Pustaka Setia. Bandung.

Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Alvian, I. G. P. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen “Masalah.” Performa, 5(4), 295–302. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1783

Anisa, S. N., & Lastmi, W. (2019). Tingkat Kepuasan Santri Terhadap Kualitas dan Layanan Makanan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah. Jurnal Kesehatan, 6(6), 9–33. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1134/4/4. Chapter 2.pdf

Bagaskara, T. Y. (2020). Pengaruh Invasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Woodenway [Universitas Islam Ekonomi Fakultas Ekonomi Yogyakarta]. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20648

Banani, D. A. (2020). Bagaimana Menggapai Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Jurnal Fakultas Ekonomi Unsoed Jurusan Manajemen, 1–20. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/92/97

Dharmmesta, B. S. (2020). Manajemen Pemasaran dan Analisis Perilaku Konsumen. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Hair, J. F. (2010). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed). Pearson Prentice Hall.

Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 90–107. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability

Ikhsan, R. F., Devi, A., & Kosim, A. M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Rumah Makan Pecak Hj. Sadiyah Cilodong Depok. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(1), 22–47. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i1.329

Irmayanti. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Pada Toko Kencana Market Di Jalan Cendrawasih Kabupaten Mimika. STIE Jambatan Bulan.

Lenggogeni, L., & Ferdinand, A. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Marisca, M. (2014). Analisis Faktor Konfimatori untuk Tingkat Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. In Skripsi. https://core.ac.uk/download/pdf/33510598.pdf

Nabila, A. G., & Tuasela, A. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi. Kritis, 5, 21–40. http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/178

Nugroho, A. A. (2021). Pelayanan Konsumen di Warung Makan SOP Balungan Babe di Demak. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 17(2), 90–99. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v17i2.161

Riswandi, A., Thahir, H., & Santi, I. N. (2016). Analisis Strategi Bersaing Rumah Makan (Studi Pada Rumah Makan Darisa Cafe Campus). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 2(3), 293–304. https://doi.org/10.22487/jimut.v2i3.66

Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3). CV Sah Media.

Salim, A., & Nurdin, H. (2020). Lokasi, Kebergaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Raya Amahami (Kota Bima). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.740

Seran, B. R., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik : Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. 8(1), 206–211. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/4054

Sopandi, A., Danial, R. D. M., & Jhoansyah, D. (2022). Pengaruh Perencanaan Strategi, Keunggulan Bersaing Terhadap Keberlangsungan Usaha Pada Usaha Rumah Makan, Kota Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2176–2182. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. C.V Andi Offset.

Widiyanti, N. I. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional Kaliwuloh Raguklampitan Jepara Tahun 2019. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Widodo, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Permintaan Konsumsi Minyak Tanah Rumah Tangga Di Kelurahan Inauga, Kota Timika. STIE Jambatan Bulan.

Winda, L., & Sri, E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 1(11). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p06

Yuliana, & Ardansyah. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Kedai Kopi Square di Kota Bandar Lampung Analysis of Marketing Strategy to Increase Sales of Coffee Shop Square Drinks in Bandar Lampung City. Sinomika Journal | Volume, 1(3), 309–320. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.265

Downloads

Published

2024-09-04

Issue

Section

Articles