ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT HASJRAT ABADI OUTLET YAMAHA SEMPAN

Authors

  • Halisya Halisya STIE Jambatan Bulan
  • Anggela Jessica Bolung STIE Jambatan Bulan
  • Tri Apriyono STIE Jambatan Bulan

Keywords:

Increase Strategy, SWOT, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats.

Abstract

This study aims to determine the sales increase strategy at PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sempan. The research method used in this study is a descriptive method. In this study, the data collection technique used is a questionnaire. To determine the sales increase strategy, the researcher used SWOT analysis. The results of this study indicate that the sales increase strategy at PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sempan is located in quadrant 4 of the WT strategy, which has alternative strategies such as: knowing what consumers want by understanding the market in depth, providing a comfortable place, promoting creative products by utilizing existing technology and selling trending products.

References

Agestina, K., & Susilowati, I. (2019). Analisis Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Konsumen Hanna Kebab Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 110–121. https://doi.org/10.32639/jimmba.v1i1.395

Asauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Habibah, Z., & Kusbandono, D. (2017). Analisis Strategi Promosi Dari Faktor Advertising dan Sales Promotion Terhadap Tingkat Volume Penjualan Pada UD. Bintang Motor Lamomgan. Jurnak Ekonomi Bisnis (EKBIS), 18(2), 999–1010. jurnalekonomi.unisla.ac.id

Hapsari, D. P., & Saputra, A. (2018). Analisis Penjualan Bersih, Beban Umum & Administrasi Terhadap Laba Tahun Berjalan. Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 5(1), 45–53. https://doi.org/10.30656/jak.v5i1.502

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 175–182. https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.513

Imaniar, N., Indrawan, A., & Nurmilah, R. (2020). Pengaruh Penjualan Terhadap Laba Kotor (Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun). Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 583–591. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/304

Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Price, Product, Place, Promotion) Pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 5(2), 79–86. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Mashuri, & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usahan Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Pirmanto, D., Jundillah, M. L., & Widagdo, K. A. (2016). Jenis Penelitian Menurut Kedalaman analisis data. Journal of the American Chemical Society, 77(21), 1–13. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan

Instant Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (EMBA), 7(3), 2969–2978. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24043

Rudiyanto, R., & Hutagalung, S. (2021). Analisis Swot Gua Batu Cermin Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 587–594. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.715

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis SWOT dan Matriks IFAS - EFAS Pada CV. Dinasty. Seminar Nasional IENACO, 1(1), 238–245. http://hdl.handle.net/11617/8671

Sinabela, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231–240.

Suharyadi, Saifullah, Irawan, E., & Sundari, R. (2019). Analisa Pemilihan Sales Terbaik di PT. Enseval Putera Megatreding Tbk, Pematangsiantar dengan metode Profil Matching. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(1), 731–739. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.79

Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 4(3), 1049–1060. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.271

Timpal, E. T. V., Pati, A. B., & Pangemanan, F. (2021). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa Di Bidang Teknologi Informasi Di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 1(2), 1–10. ejournal.unsrat.ac.id

Ulandari, O. (2023). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Efektivitas marketing mix 4P terhadap penjualan BUMDes “ Sumber Rejeki ” Desa Samir Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 183–195.

Unonongo, W., Warouw, D., & Tulung, L. (2018). Fungsi Promosi Dalam Meningkatkan Daya Beli Gadget Samsung Di Kota Manado. E-Journal Acta Diurna, 4(5), 1–12. https://www.neliti.com/id/publications/92615/fungsi-promosi-dalam-meningkatkan-daya-beli-gadget-samsung-di-kota-manado

Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6451

Yasin, R. A. (2020). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Ma Bruschetta. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(5), 360–368. https://doi.org/10.37715/jp.v5i5.1812

Downloads

Published

2024-09-12

Issue

Section

Articles