ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAN MAXXIS MELALUI MINAT BELI PADA CV HARKAT FAWWAZ SEJAHTERA

Authors

  • Dhimas Putra Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan Timika, Indonesia
  • Abu Bakar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan Timika, Indonesia

Keywords:

product quality, brand image, price, purchase intention, purchase decision.

Abstract

This research aims to determine the influence of product quality, brand image and price on purchasing decisions for Maxxis tires through purchase interest as an intervening variable at CV Harkat Fawwaz Sejahtera. The sampling technique used was random sampling with a sample size of 100 respondents. The data was analyzed using SPSS version 25 software. Based on the research results, it shows that product quality and brand image have no influence on purchasing decisions, while price and buying interest influence purchasing decisions. However, the purchase interest variable was not able to mediate the influence of the product quality, brand image and price variables on the decision to purchase Maxxis tires at CV Harkat Fawwaz Sejahtera.

References

Ababil, R., Muttaqien, F., & Nawangsih. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Journal Progress Conference, Vol. 2(July), 572–581.

Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayanti, B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.3 No.2(2), 186–196.

Amilia, S. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Arif, M. E., Anggraeni, R., & Ayuni, R. F. (2021). Bisnis Waralaba. UB Press, Malang.

Arimbi, I. F., & Heryenzus. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Layanan Online Traveloka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1–10. http://113.212.163.133/index.php/scientia_journal/article/view/2640

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. CV Budi Utama, Sleman.

Fauziah, N., & Aziz Mubarok, D. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.22686

Ferine, K. F., & Juniarti. (2022). Pelayanan SDM. Selat Media Patners, Yogyakarta.

Gunawan, D., Pratiwi, A. D., Arfah, Y., & Hartanto, B. (2022). Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbasis Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

Hair, J., Anderson, R., Black, B., & Babin, B. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Prentice Hall.

Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus di Billionaire Store Bandung ). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–8.

Karundeng, N., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 83. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23566.83-90

Kojongian, R., Lapian, J., & Tawas, H. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(4), 551–566.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen. Bintang Sembilan Visitama, Banten.

Larika, W., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11), 1957. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p06

Listighfaroh, M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–17.

Makaleuw, M. M., Sumarauw, J. S. B., & Ogi, I. W. J. (2018). Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pt. Gemilang Emas Indonesia Cabang Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3713–3722.

Meli, N., Arifin, D., Sari, S. P., & Putra, U. N. (2022). Pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian menggunakan genusian card. 1–11.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran. CV. Media Sains Indonesia, Bandung.

Paramita, R. G. (2020). Pengaruh Customers’ Experience dan Brand equity terhadap Loyalitas Melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Tokopedia. Digital Repository Universitas Jember, 1–115.

Powa, G. A., Lapian, S. L. H. . J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.

Putri, K. A. M. A., & Yasa, N. N. K. (2023). Brand Image, Kepuasan Konsumen, dan Repurchase Intention: Konsep dan Aplikasi Dalam Kasus “Kedai Kopi Kulo.” Media Pustaka Indo, Cilacap.

Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 17(2), 139–145.

Sahrun, Qomariyah, E., & Febriyah, A. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. CV. Penerbeit Qiara Media, Pasuruan.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online. Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Sisca, Simanjuntak, M., Sudarso, A., & Grace, E. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep (A. Karim & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). CAPS (Center of Academic Publishing Service), Jakarta.

Tonce, Y., & Yosep, D. P. R. (2022). Minat dan Keputusan Pembelian (Kodri (ed.)). CV. Adanu Abimata.

Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. UPP STIM YKPN.

Wowor, C. A. S., Lumanuw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068.

Downloads

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles